Istilah Yang Berkaitan Dengan Metode Sampel

Kita mengenal bahwa statistika terbagi atas dua kelompok yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika inferensial berusaha menyimpulkan tentang karakteristik populasi, yang pada umumnya dilakukan berdasarkan pada sampel yang diambil dari populasi. Untuk mendapatkan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan haruslah ditempuh metode-metode yang benar dalam setiap langkah termasuk cara-cara pengambilan sampel.

1. Elemen
Suatu elemen adalah suatu obyek pada mana suatu pengukuran dilakukan.  Contoh : Untuk melihat rata-rata berat anak umur 1 tahun. Yang menjadi elemen adalah anak umur 1 tahun.
2. Populasi
Suatu populasi adalah suatu kumpulan elemen, daripadanya kita ingin membuat suatu generalisasi. Sebagai contoh populasi adalah semua balita di Kota Ternate
3. Unit Sampel
Merupakan kumpulan elemen yang tidak saling tumpang tindih (non overlapping) dari populasi yang mencakup populasi keseluruhan. Dalam contoh pengukuran berat badan balita sebagai unit sampel adalah balita. Jika masing-masing unit sampel hanya terdiri dari satu elemen populasi maka unit sampel dan elemen populasi adalah identik.
4. Kerangka
Suatu kerangka adalah daftar unit sampel. Jika kita melakukan pengukuran pada balita, maka daftar dari semua balita yang terdaftar dianggap sebagai kerangka.
5. SampelSuatu sampel adalah kumpulan unit sampel yang ditarik dari kerangka atau beberapa kerangka. Pada pengukuran berat badan balita, beberapa balita diambil dari kerangka untuk melakukan inferensi tentang berat balita keseluruhan balita.

Baca Juga :

Post a Comment for "Istilah Yang Berkaitan Dengan Metode Sampel"