5 Alasan Melakukan Penariakan Sampel Dalam Metode Penarikan Sampel Statistik

 
Ilmu statistik merupakan imu pasti yang sangat rumit dipelajari, walau terasa sulit namun ilmu statistik sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia pendidikan, apalagi bagi mahasiswa akhir studi. Dan berikut ini Admin menyajikan beberapa alasan mengapa sehingga dalam metode penariakan sampel dalam ilmu statistik diperlukan.

Alasan Melakukan Penarikan Sampel
Untuk melakukan analisis statistik diperlukan data, oleh karenanya itu data perlu dikumpulkan. Dalam pengumpulan data  kadang-kadang dilakukan sensus, kadang-kadang dilakukan sampel. Ada beberapa alasan mengapa pada keadaan tertentu sensus tidak dapat dilakukan, antara lain:

1. Ukuran Populasi
Telah kita kenal bahwa ada dua macam ukuran populasi, ialah populasii terhingga dan tak terhingga. Dalam hal populasi tak terhingga ialah dimana populasi berisikan tidak terhingga banyak obyek, sudah jelas sensus tidak dapat dilakukan. Juga mengingat populasi tak hingga pada dasarnya hanya konseptual sukarlah untuk melakukan sensus terhadapnya. Sedangkan pada populasi berhingga sensus tidak selamanya  dilaksanakan, karena masih terkait dengan faktor lain.

2. Masalah Biaya
Kita telah mengenal bahwa makin banyak obyek yang diteliti makin banyak pula biaya yang diperlukan. Bagaimanapun juga jika hanya tersedia biaya terbatas, sampel satu-satunya pilihan, terkecuali jika ukuran populasi sedikit sekali sehingga dengan biaya tersebut sensus bisa dilaksanakan.

3. Masalah Waktu
Sensus memerlukan waktu yang lebih lama bila dibandingkan dengan sampel. Dengan demikian sampel dapat memberikan data lebih cepat. Dalam hal diinginkan kesimpulan segera, maka sampel benar-benar ada faedahnya. Jelaslah pula bahwa menganalisis data hasil sampel, selain  menghemat biaya juga menghemat waktu.

4. Percobaan yang Sifatnya Merusak
Jika penyelidikan terhadap obyek sifatnya merusak, maka jelas sampel harus dilakukan. Misalkan kita tidak mungkin melakukan sensus  untuk mengetahui: Kekuatan daya ledak granak yang dihasilkan, kemanjuran obat yang baru dihasilkan, dan keadaan darah seorang pasien. Jika darah pasien semuanya dikeluarkan untuk diperiksa, adakah orang yang bersedia untuk diperlakukan demikian.

5. Masalah Ketelitian
Salah satu segi agar kesimpulan cukup dapat dipertanggungjawabkan ialah masalah ketelitian. Data harus benar dan pengumpulannya harus dilakukan dengan benar dan teliti.  Pengalaman menyatakan bahwa makin banyak obyek yang harus diteliti makin kurang ketelitian yang dihasilkan. Petugas, peneliti, pencacah akan merasa bosan melakukan tugasnya yang itu-itu juga yang jumlahnya sangat banyak.

Baca Juga :
Semoga Bermafaat.

Post a Comment for "5 Alasan Melakukan Penariakan Sampel Dalam Metode Penarikan Sampel Statistik"