10 Penyebab Penyakit Hipertensi Yang Wajib Diketahui

Sekarang ini siapa yang tak kenal dengan penyakit satu ini, penyakit yang sering sekali diderita masyarakat pada zaman now ini yaitu Hipertensi tapi apakah anda tahu faktor penyebabnya. Berikut ini akan di ulas 10 faktor yang wajib di ketahui.

Sembilan puluh persen penderita hipertensi tidak diketahui penyebabnya dan keadaan ini dikenal sebagai hipertensi esensial atau hipertensi primer. Hipertensi esensial kemungkinan memiliki banyak penyebab; beberapa perubahan pada jantung dan pembuluh darah kemungkinan bersama-sama menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Jika penyebabnya diketahui, maka disebut hipertensi sekunder .

Menurut LIPI, ada faktor penyebab tekanan darah tinggi yang tidak dapat dikendalikan dan faktor yang dapat dikendalikan sehingga bisa mengatasi hipertensi, yaitu :

1. Keturunan
Faktor ini tidak bisa dikendalikan. Jika seseorang memiliki orang-tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi.

2. Usia
Faktor ini tidak bisa dikendalikan. Penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan Bertambahnya usia seseorang, tekanan darah pun akan meningkat. Oleh karena itu sangat perlu dikendalikan agar tidak melewati batas tekanan darah normal.

3. Garam

Faktor ini bisa dikendalikan. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, dan pada lansia.

4. Kolesterol
Faktor ini bisa dikendalikan. Kandungan lemak yang berlebih dalam darah dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Karena itu kendalikan kolesterol (LDL) sedini mungkin.

5. Obesitas / Kegemukan
Faktor ini bisa dikendalikan. Orang yang memiliki berat badan di atas 30 % berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi.

6. Stres
Faktor ini bisa dikendalikan. Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.

7. Rokok
Faktor ini bisa dikendalikan. Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

8. Kafein
Faktor ini bisa dikendalikan. Kafein yang terdapat pada kopi, teh maupun minuman bersoda bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

9. Alkohol
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Konsumsi alkohol secara berlebihan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.

10. Jarang Olahraga/ aktivitas fisik
Faktor ini bisa dikendalikan. Kurang olahraga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi, namun jangan melakukan olahraga yang berat bagi penderita tekanan darah tinggi.

Baca Juga : 

Post a Comment for "10 Penyebab Penyakit Hipertensi Yang Wajib Diketahui "